top of page
  • Writer's picturethinkarchipelago

Perbedaan Nubuck & Suede

Updated: Sep 2, 2021


Banyak beredar jenis kulit yang digunakan sebagai bahan baku upper dari sepatu pengaman. Salah satunya ialah Nubuck dan Suede, mana lebih baik?


Banyak orang sulit atau tidak dapat membedakan antara kulit nubuck dan kulit suede karena secara awam baik Suede maupun Nubuck memang terlihat sama, dengan tekstur yang juga terasa mirip saat disentuh, meski pun sebenarnya kedua bahan ini berbeda.


Nubuck dan Suede sejenis kulit yang diperoleh dari kulit binatang, pada umunya berasal dari kulit sapi dan kerbau. Hanya saja, proses pembuatan kedua jenis kulit ini berbeda, khususnya pada saat pengamplasan.

  1. Pada Nubuck, proses pengamplasan di mulai dari bagian kulit luar yang keras hingga ke dalam, maka jenis dan model sepatu pengaman yang dibuat dari bahan Nubuck relatif memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi dibandingkan dengan sepatu berbahan kulit Suede. Nubuck memiliki permukaan yang lebih halus dikarenakan serabut-serabutnya lebih rapat dan pendek. Selain dijadikan bahan luar upper sepatu pengaman, Nubuck juga digunakan dalam perabot rumah seperti sofa, sebagai bahan baku produk fashion pada sandal, tas, dompet, koper, jaket, hingga bahan pembungkus jok kursi mobil.

  2. Pada Suede meski sama-sama menggunakan kulit hewan, tetapi proses pengamplasan pada bahan Suede dilakukan berbalik, yaitu dari bagian dalam kulit ke luar. Hal ini membuatnya memiliki ketahanan dan kekuatan yang sedikit lebih rendah. Berbeda dengan Nubuck yang kuat dan gagah, Suede lebih banyak digunakan untuk produk fashion luxury seperti sarung tangan, sepatu, tas tangan, dompet, karena tekstur lembut yang terasa hampir menyerupai beludru.


Nubuck kerap digunakan pada sepatu-sepatu outdoor dan heavy duty, seperti sepatu safety, sepatu militer, penjaga hutan dan lainnya. Sedangkan bahan Suede lebih banyak ditemui pada sepatu-sepatu casual untuk aktivitas jalan-jalan, atau formal seperti kegiatan kerja di kantor. Tak heran apabila dari segi harga Nubuck relatif lebih mahal dari Suede.


Nubuck adalah pilihan bahan yang sangat cocok untuk sepatu safety, sehingga saat ini Track Raktayoo menggunakan Nubuck pada tipe Cartenz karena lebih kuat menahan hantaman (impact) untuk jangka waktu panjang (durable), namun tak menghilangkan kenyamanan dan model kekinian.


  • Track Raktayoo Instagram
  • Facebook
  • TikTok

© 2021 by think archipelago

Hubungi kami

Jam Operasional

Senin - Jumat: 8:00 - 17:00 WIB

​​Sabtu             : 9:00 - 12:00 WIB

Program kemitraan

Anda tertarik bermitra usaha dengan kami? Bergabunglah dalam ekosistem kerja sama lokal bersama Track Raktayoo.

bottom of page