top of page
  • Writer's picturethinkarchipelago

Pentingnya pelatihan K3 di tempat kerja

Keselamatan dan kesehatan kerja bukan hanya soal komitmen para pemangku kepentingan untuk tempat kerja yang aman dan sehat, mulai dari pengusaha, pengurus, hingga pekerja, namun juga menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang penting dan selalu berkembang.


Di tengah era keterbukaan informasi sekarang ini, tingginya risiko K3 di berbagai tempat kerja kian mendapat sorotan publik, terutama ketika terjadi kecelakaan kerja yang berdampak fatal.


Para pembuat kebijakan dan standar yang berasal dari pemerintahan maupun para ahli telah menjadikan ilmu K3 sebagai persyaratan bagi perusahaan sebelum menjalankan kegiatan usaha, termasuk kualifikasi yang harus dimiliki oleh para pekerja sebelum menjalankan tugasnya.


Pelatihan berbasis kompetensi yang disertifikasi oleh sejumlah kementerian melalui lembaga-lembaga pelatihan yang berwenang kian ramai diikuti oleh perusahaan maupun individu yang menyadari akan pentingnya K3 di tempat kerja.


Foto kiri atas: Track Raktayoo mendukung pelatihan in-house sistem manajemen K3 ISO 45001:2018 di penyedia jasa pemeliharaan pesawat PT Indopelita Aircraft Services yang terafiliasi dengan Pertamina, Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan.


Foto kanan atas: Track Raktayoo terlibat aktif dalam dalam pelatihan K3 di PT Graha Survei Indonesia, Structural Forensic Consultant, Kota Tangerang.


Beberapa pelatihan K3 yang populer di antaranya adalah Ahli K3 Umum sertifikasi Kementerian Ketenagakerjaan, Ahli K3 Konstruksi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), hingga Sistem Manajemen K3 ISO 45001:2018 oleh lembaga pelatihan terakreditasi di dalam negeri, maupun yang terafiliasi dengan lembaga pelatihan ternama dari luar negeri.


Banyaknya pilihan ini menunjukkan bahwa ilmu K3 amat bermanfaat bagi semua pihak di mana pun mereka bekerja, karena pandangan dan metode yang digunakan elah teruji menurunkan risiko K3 ke tingkat terendah.


Track Raktayoo juga menerapkan standar dari ilmu K3 dalam pembuatan sepatu safety, sehingga kualitas dan fitur-fitur keselamatannya dipercaya memberikan perlindungan dari bahaya kecelakaan di tempat kerja.


Tahukah kamu bahwa sepatu safety yang terstandar dapat menjaga kesehatan kaki? Bagian luar dan dalam dari sepatu Track Raktayoo didesain secara terpadu agar dapat menunjang kegiatan kerja rutin dalam waktu lama serta dapat menjaga keselamatan kaki para pemakainya. misalnya para pekerja konstruksi, jasa perbaikan dan perawatan serta pekerjaan lainya yang memerlukan sepatu safety.


Beragam seri sepatu diciptakan Track Raktayoo untuk memenuhi kebutuhan para pengguna serta memastikan kenyamanan di setiap kondisi, dan menghindari cedera kaki akibat bekerja dalam waktu lama.

  • Track Raktayoo Instagram
  • Facebook
  • TikTok

© 2021 by think archipelago

Hubungi kami

Jam Operasional

Senin - Jumat: 8:00 - 17:00 WIB

​​Sabtu             : 9:00 - 12:00 WIB

Program kemitraan

Anda tertarik bermitra usaha dengan kami? Bergabunglah dalam ekosistem kerja sama lokal bersama Track Raktayoo.

bottom of page