top of page
  • Writer's picturethinkarchipelago

Keselamatan kerja dimulai dari kaki

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Indonesia menjadi syarat wajib di makin banyak bidang usaha, seiring dengan kemajuan industri dalam negeri.


Sejak diterbitkannya Sistem Manajemen K3 (SMK3) Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012, K3 mendapatkan perhatian oleh banyak kalangan usaha, pemerintah, yang mana pada akhiarnya berdampak positif pada peningkatan kesadaran (awareness) K3 di kalangan para pekerja Indoensia.


Ditambah lagi panduan internasional tak henti memperbarui prinsip dan best practice perlindungan kerja dari semakin kompleksnya risiko kecelakaan, seperti SMK3 menurut standar ISO 45001:2018.


Regulasi dan standar K3 mensyaratkan penyediaan alat pelindung diri (APD) sesuai denagn tingkat risiko di tempat kerja, termasuk kedisiplinan pekerja untuk menggunakannya.


Untuk itu, sepatu safety tergolong menjadi alat utama pelindung diri, karena fungsinya yang amat luas dan penting dalam melindungi organ tubuh kaki dari risiko yang kerap dihadapi sehari-hari seperti berikut:

1. Terluka, misalnya akibat tertimpa benda berat, terlindas alat bergerak, tertusuk atau tergores benda tajam, terpapar cairan kimia berbahaya dalam kadar tertentu

2. Terjatuh akibat lantai kerja licin maupun tidak rata

3. Tersengat listrik karena menginjak platform yang terekspos dengan penghantar arus listrik, seperti lantai basah, lantai besi


Sehingga tidak heran jika para pembuat kebijakan di bidang keselamatan kerja, pengawas yang berwenang, praktisi K3 sepakat bahwa APD sepatu pengaman yang berstandar menjadi penilaian utama dalam memeriksa penerapan dasar keselamatan kerja.


Berangkat dari kesadaran yang sama bahwa K3 dimulai dari kaki, Track Raktayoo terinspirasi untuk menciptakan sepatu pengaman berstandar nasional yang dapat mencakup kebutuhan-kebutuhan APD di berbagai kondisi kerja yang semakin maju di Indonesia.


Di samping mencapai standar sepatu pengaman untuk berbagai kebutuhan para pekerja. Track Raktayoo juga memiliki pilihan model dan fitur yang semakin populer untuk memenuhi keperluan industri lainnya seperti pertambangan, migas, konstruksi serta lainya.


Terlepas dari jenis usaha dan kondisi tempat kerja, sepatu safety adalah kebutuhan dasar keselamatan kerja. Mari bersama kita bangun kekuatan industri Indonesia dengan turut mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Untuk itu, percayakan kebutuhan pelindung kaki Anda kepada Track Raktayoo.

  • Track Raktayoo Instagram
  • Facebook
  • TikTok

© 2021 by think archipelago

Hubungi kami

Jam Operasional

Senin - Jumat: 8:00 - 17:00 WIB

​​Sabtu             : 9:00 - 12:00 WIB

Program kemitraan

Anda tertarik bermitra usaha dengan kami? Bergabunglah dalam ekosistem kerja sama lokal bersama Track Raktayoo.

bottom of page