top of page
  • Writer's picturethinkarchipelago

Bulan K3 Nasional di Era Digitalisasi


Tumbuhnya generasi milenial serta perubahan basis ekonomi menuju era digitalisasi tentunya menawarkan potensi besar bagi Indonesia untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia.


Di saat yang sama, standar keselamatan dan kesehatan kerja (K3) juga perlu ditingkatkan terus-menerus sesuai perkembangan teknologi dan kebijakan nasional di bidang K3.


Pemanfaatan potensi digital untuk ekonomi, ditambah sasaran untuk meningkatkan jumlah perusahaan yang menerapkan sistem manajemen K3 berbasis tekonologi informasi, menjadi semangat dalam peringatan bulan K3 tahun 2022.


Tema Bulan K3 Nasional tahun ini adalah Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi.


Sehari sebelum penerbitan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan tentang Juklak Bulan K3 Nasional tahun 2022, pemerintah menegaskan komitmen pemerintah untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja terhadap perubahan besar yang terjadi di berbagai jenis pekerjaan.


Dikutip dari kemnaker.go.id, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengajak seluruh stakeholders untuk menjamin K3 di tengah dinamika era digitalisasi


“Perubahan tidak hanya terjadi pada jenis pekerjaan, karakter pekerjaan, maupun skill yang dibutuhkan, namun tantangan ketenagakerjaan di masa depan juga berubah. Oleh karenanya, pemerintah dan seluruh stakeholders ketenagakerjaan harus terus bersiap untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja,” ujarnya.


Lebih lanjut dikutip dari detik.com, Direktorat Jenderal Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 mengajak para ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan untuk mengambil momentum ini dalam memperkuat pelaksanaan K3, sekaligus untuk mempersiapkan Bulan K3 Nasional 2022.


Pelaksanaan K3 tidak hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga semua pihak, khususnya masyarakat industri.


Track Raktayoo yang merupakan salah satu stakeholder industri dalam negeri di bidang K3. Sebagai produsen sepatu safety berstandar nasional, Track Raktayoo senantiasa mendukung ekonomi berbasis digital yang taat budaya K3.


Melalui motto “K3 Unggul Indonesia Maju”, Track Raktayoo bersama pemerintah dan masyarakat industri mendukung peningkatan produktivitas melalui pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.


Recent Posts

See All
  • Track Raktayoo Instagram
  • Facebook
  • TikTok

© 2021 by think archipelago

Hubungi kami

Jam Operasional

Senin - Jumat: 8:00 - 17:00 WIB

​​Sabtu             : 9:00 - 12:00 WIB

Program kemitraan

Anda tertarik bermitra usaha dengan kami? Bergabunglah dalam ekosistem kerja sama lokal bersama Track Raktayoo.

bottom of page