top of page
  • Writer's picturethinkarchipelago

Asal Usul Sepatu Safety

Updated: Dec 1, 2020

Lini masa sepatu safety

  1. Sepatu safety pertama kali digunakan pada awal abad ke-17.

  2. Belanda adalah negara pertama yang menggunakan sepatu safety secara umum.

  3. Bentuk safety shoes saat itu adalah boots yang terbuat dari kayu, dikenal dengan nama Sabots. Sabots digunakan untuk melindungi kaki para pekerja dari benda-benda tajam.

  4. Model dan bahan baku safety shoes menemukan momentum perkembangan pada akhir Perang Dunia II menyongsong era revolusi industri global. Salah satu indikatornya adalah dengan mulai digunakannya bahan upper kulit yang dianggap lebih baik dalam memberikan perlindungan terhadap keselamatan para pekerja.

  5. Pada 1930an perusahaan sepatu Red Wing Shoes mulai memproduksi safety shoes secara profesional dan mulai menggunakan steel toe cap.

  6. Pada 1970 Amerika Serikat mengeluarkan Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, bersamaan dengan Indonesia yang juga menerbitkan Undang-Undang No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Dengan standar tersebut, sepatu safety di Indonesia mulai marak dipasarkan untuk menunjang kebutuhan alat pelindung diri bagi keselamatan pekerja Indonesia.

  7. Pada 2018 safety shoes Track Raktayoo hadir di Indonesia dengan mengedepankan inovasi produk buatan dalam negeri yang kokoh sesuai standar nasional Indonesia (SNI), serta nyaman dan desain yang indah. Dengan slogan Safety Inside Elegant Outside, Track Raktayoo selalu mengutamakan kualitas sepatu pengaman terbaik di kelasnya.

Desain kokoh dan indah


Sejak awal diproduksi pada 2018, Track Raktayoo konsisten menggunakan bahan baku yang dipasok dan dirakit dari dalam negeri. Bahan baku berkualitas tersebut kemudian diproses mengandalkan perpaduan teknologi mesin produksi dan craftmanship dari SDM lokal berkompeten di industri sepatu.


Di samping kekuatan bahan baku, Track Raktayoo juga mengedepankan desain elegan yang terlihat fashionable. Dengan kata lain, sepatu safety Track Raktayoo tidak hanya didesain secara kokoh, namun juga mengedepankan keindahan sejak model pertama diluncurkan hingga kesuksesan model-model selanjutnya.


Sebagai bukti komitmen peningkatan kualitas dan kenyamanan untuk para pelanggan setianya, saat ini sepatu safety Track Raktayoo dibekali garansi 3 bulan.

Comments


bottom of page